Tugas Mandiri Pertemuan 2 Algorithm and Programming (32PBA)

Nama : Adrian Kristianto

NIM   : 1701299765

1. Decribe about Library in Java!

2. Specify the rules that can be used to create identifier!

3. What is the function of keywords in java:

  • static
  • final
  • class
  • package

4. Explain the usage of “String[] args” in public static void main!

5. What is JVM, JDK, source program, and compiler?

Pengertian dan kegunaan Library dalam JAVA.

Java class library (Java API) memiliki banyak sekali kelas (Java predefined classes) yang diletakkan ke dalam paket (package) untuk dapat dipergunakan kembali di dalam program. Paket tersebut digunakan untuk mengelompokkan kelas-kelas yang mempunyai kemiripan fungsi (related class). Kelas-kelas Java yang akan digunakan di dalam program, terlebih dahulu harus diimpor beserta dengan nama paket di mana kelas tersebut berada, kecuali untuk kelas Java yang berada di paket java.lang seperti kelas JOptionPane yang berada di paket javax.swing dan kelas DecimalFormat yang berada di paket java.text. Berikut ini adalah daftar beberapa paket Java yang sering dipergunakan di dalam kode program Java:

paket java

Aturan-aturan Identifier dalam JAVA                                                                                                                             

Dalam penulisan identifier di java memiliki beberapa aturan khusus, yaitu :

1. Case sensitive, hal ini berarti java membedakan huruf besar dan kecil.

2. Identifier harus dimulai dengan huruf atau Underscore/garis bawah ( _ ) atau tanda dollar ( $ ). meski kita di izinkan untuk menggunakan underscore dan dollar sebaiknya penggunaan ini di hindari karna mungkin akan bertabrakan dengan pengolahan internal dan file import

3. Karakter selanjutnya dapat berupa huruf atau angka ( 0 – 9 ) atau karakter UNICODE.

4. Tidak dapat menggunakan simbol – simbol seperti plus ( + ), spasi (     ), dan at ( @ )

5. Tidak boleh menggunakan reserved words atau keywords yang ada pada java.

6. Indentifer harus tersambung atau tidak boleh putus ( tanpa spasi ), seberapa panjangpun identifer tidak masalah

Fungsi Keyword dalam JAVA

 

  • Static     :      Dengan menggunakan static maka method dan variable akan menjadi milik class, bukan menjadi milik suatu instance. Bila di suatu class terdapat static variable dan static method, maka apabila ada class lain yang ingin menggunakannya dapat langsung memanggil variable atau method tersebut.
  • Final       :      Dengan menggunakan final maka kelas tidak menurunkan kelas lain, method tidak dapat dioverride oleh method lain, membentuk suatu attribute menjadi konstanta.
  • Class      :      Suatu jenis yang mendefinisikan, implementasikan dari jenis objek tertentu. Sebuah definisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan, metode, dan kelas batin serta menentukan antarmuka kelas dan segera mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclass tidak secara eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.
  • Package       :           Suatu cara untuk memanage class-class yang kita buat yang dinyatakan dengan kata kunci paket.

 

 

KEGUNAAN “STRING [] ARGS” PADA PUBLIC STATIC VOID MAIN

 

Main    : Method dan merupakan program utama yang berfungsi untuk mengendalikan aplikasi (dalam lingkup program tersebut). Setiap program Java harus memiliki sebuah method yang dinamai main(). Method ini bersifat public static dan kosong (void). Tipe data void yang mendeklarasikan  method main() menunjukkan bahwa tidak menghasilkan apa-apa pada sistem operasi.

String[] args : Ekor perintah,menandakan bahwa main() bisa menerima string yang diketikan user.

Pengertian JVM, JDK, SOURCE PROGRAM, DAN COMPILER

 

·         JVM   :      JVM (Java Virtual Machine) adalah sebuah mesin imajiner (maya) yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasi berbasis Java menjadi bebas dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM. Aplikasi program java diciptakan dengan file teks berekstensi .java. Program ini dikompilasi menghasilkan satu berkas bytecode berekstensi .class atau lebih. Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi kode mesin. Perbedaannya adalah kode mesin harus dijalankan pada sistem komputer dimana kompilasi ditujukan, sementara bytecode berjalan pada javainterpreter yang tersedia di semua platform sistem komputer dan sistem operasi.

·         JDK   :      Java Development Kit adalah lingkungan pemograman untuk menulis program-program aplikasi dan applet java, JDK terdiri dari lingkungan eksekusi program yang berada diatas Operating System, sebagaimana dibutuhkan oleh para programmer untuk meng-compile, membenahi bug(s) yang ada, dan menjalankan tambahan-tambahan dari program intinya (applets) yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemograman java.

·         Source program   :      kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi. Source Code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode yang tercetak di buku atau media lainnya.

 ·       Compiler      :      Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) kedalam bahasa objek (obyek code) atau bahasa mesin (bahasa yang dimengerti oleh mesin). Compiler menggabungkan keseluruhan bahasa program, mengumpulkannya dan kemudian menyusunnya kembali.

 

http://www.binus.ac.id

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *